PENGEMBANGAN FINGER PUPPET KHAS PAPUA SEBAGAI MEDIA BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK SE DISTRIK MERAUKE

  • Nurlayli Hasanah Universitas Musamus
  • Diah Harmawati Universitas Musamus
Keywords: fingger puppet, media, storytelling, language skills, kindergarten

Abstract

Abstrak
Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada anak Taman Kanak-Kanak Se-Distrik Merauke, yaitu rendahnya kemampuan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan sebuah media bercerita untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak Taman Kanak-Kanak kelompok B Se-Distrik Merauke.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development, yaitu suatu metode penelitian untuk mengembangkan atau menghasilkan suatu produk pembelajaran dengan langkah-langkah: (1) menentukan potensi dan masalah, (2) megumpulkan informasi, (3) mendesain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk skala kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba produk skala besar, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Penelitian ini di lakukan terhadap 7 Taman Kanak-Kanak Se-Distrik Merauke, dengan total subjek penelitian sebanyak 228 anak. Spesifikasi produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah sebuah media yang dihasilkan berupa Finger puppet khas Papua untuk media bercerita dan cerita-cerita anak yang dihasilkan selama penelitian yang dituangkan dalam sebuah buku panduan. Penjelasan langkah-langkah penggunaan dibuat buku panduan media Finger puppet Khas Papua. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif berupa penilaian, kritik, serta saran yang dikemukakan oleh ahli pendidikan usia dini, sedangkan teknik analisis kuantitatif dalam penelitian ini berupa analisis terhadap nilai jawaban pertanyaan yang diberikan oleh anak Taman Kanak-Kanak.
Kata Kunci: Finger puppet, media, bercerita, kemampuan bahasa, Taman Kanak-kanak.

 

Author Biographies

Nurlayli Hasanah, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Diah Harmawati, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak USia Dini

References

Benny N Joewono. (2008). Salah, Jika Anak Masuk SD Harus Bisa Baca. Diakses dari http://nasional.kompas.com/read/2008/10/19/14354970/salah.jika.anak.masuk.sd.harus.bisa.baca. pada tanggal 9 Juni 2017, jam 09.36 WIT.
Nusa, P. (2013). Research & development penelitian dan pengembangan suatu pengantar.Jakarta.Raja grafindo persada.
Published
2018-10-29
How to Cite
Hasanah, N., & Harmawati, D. (2018). PENGEMBANGAN FINGER PUPPET KHAS PAPUA SEBAGAI MEDIA BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK SE DISTRIK MERAUKE. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 024-028. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.873