Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar

  • Fredy Fredy Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus, Indonesia
  • Yonarlianto Tembang Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus, Indonesia
  • Ratna Purwanty Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus, Indonesia
Keywords: kualitas, kepuasa, layanan, sekolah

Abstract

Analisis kualitas pelayanan pendidikan didasarkan pada tingkat kepuasan pengguna layanan pendidikan terhadap pelayanan yang diberikan oleh lembaga penyelenggara pendidikan yaitu sekolah. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui persepsi masyarakat, yaitu siswa dan orangtua siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan survey. Lokasi penelitian ini adalah tujuh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara yaitu kota Bau-bau, kabupaten Kolaka, kabupaten Kolaka Timur, kabupaten Konawe, kabupaten Muna, kabupaten Muna Barat dan kabupaten Wakatobi. Tingkat kepuasan siswa dan orangtua siswa terhadap pelayanan pendidikan ditetapkan melalui indeks kepuasan masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada masing-masing daerah yang dilihat dari indikator sebagai berikut: tangibles, reliability, competence, understanding the customer, communication, responsiveness, courtesy, security, dan access.

References

Afif, S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Orang Tua Siswa di MI NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Quality, 4(1), 69–89.
Faizal, I. (2012). Dampak Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Jurusan Keselamatan Penerbangan DI STPI-Curug. Jurnal Aviasi Langit Biru, 5(11), 1–15.
Fasani, R. F. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa di SMA MTA Surakarta Tahun 2016. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Habibah, S., & Bayu, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK Swasta Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Magister Managemen UNIKOM, 2(1), 63–71.
Hasbi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 87–109.
Indrawati, A. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Lembaga Pendidikan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(1), 25–35.
Jaedun, A., & Ishartiwi. (2011). Survei Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kementerian PAN RI. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004. , (2004).
Khotimah, I., Hermansyah, A., & Sunarni, S. (2018). IMPLEMENTASI PENGENALAN BUDAYA SUKU JAWA DALAM MATA PELAJARAN MULOK SISWA SD INPRES SEMANGGA IV MERAUKE. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 029-038. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.882
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (edisi 13). Jakarta: Erlangga.
Liana, N. A., Benty, D. D. N., & Supriyanto, A. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan. Manajemen Pendidikan, 25(1), 39–46.
Sari, R. P., & Wiyono, B. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orangtua Peserta Didik. Manajemen Pendidikan, 24(2), 146–156.
UPI, T. D. A. P. (2012). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wahyuning, L. (2013). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di SMP 11 Ma’arif Bangsalsari. Edu-Islamika, 5(1), 1–37.
Published
2019-10-17
How to Cite
Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 59-66. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1874